Posted by : lani wijaya Sabtu, 30 April 2016



Review Jurnal
Judul               : Hubungan Kepuasan Kerja dan Budaya Organisasi dengan Motivasi  Kerja   Pegawai Negeri Sipil
Pengarang       : Sri Wahyono dan Ade Sukma Mulya
Dimuat dalam Jurnal Epigram, Vol.8 No.2 Oktober 2011: 71-77
Dalam jurnal ini penulis meneliti tentang hubungan kepuasan kerja dan budaya organisasi dengan motivasi kerja pegawai negeri sipil. 
Kepuasan kerja disini adalah bentuk perasaan dan ekspresi seseorang ketika dia mampu atau tidak mampu memenuhi harapan dari proses kerja dan kinerjanya. Kinerja itu sendiri adalah sejauh mana seeorang melaksanakan tanggung jawab dan tugas kerjanya. Kepuasan kerja merupakan salah satu aspek yang penting dalam sebuah organisasi, karena akan memicu timbulnya komitmen kerja bagi setiap individu untuk mendukung tercapainya tujuan organisasi.
Kemudian berbicara mengenai budaya organisasi pada dasarnya tidak terlepas dari para pendiri organisasi tersebut. Budaya organisasi umumnya mencerminkan nilai-nilai dari para pendiri dan misi serta visi dari suatu organisasi. Budaya organisasi memberikan a sense of identity kepada organisasi. Sense of identity disini artinya siapa kita, apa yang kita kerjakan, dan apa yang kita artikan.
Selanjutnya mengenai motivasi kerja, dalam sebuah organisasi biasanya anggota atau orang yang dibutuhkan di dalamnya ialah orang yang bekerja dengan motivasi tinggi. Motivasi kerja pegawai yang tinggi adalah faktor penting bagi seorang individu untuk mendukng tercapainya tujuan organisasi.
Seseorang yang memiliki motivasi tinggi dalam bekerja, akan berdampak positif bagi individu itu sendiri, kepada pekerjaannya sendiri, terhadap lingkungan kerja, dan pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kinerja perusahaan.
Dalam kaitannya dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS), disini penulis mengemukakan beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi kerja pegawai negeri sipil rendah, diantaranya adalah budaya organisasi, kepuasan kerja, iklim kerja, lingkungan kerja, system seleksi PNS, serta kekerabatan diantara pegawai.
Dalam jurnal ini dikemukakan tentang mengapa kepuasan kerja dan budaya organisasi saling berhubungan dengan motivasi kerja pegawai negeri sipil.
Kepuasan kerja secara sederhana dapat dikatakan sebagai bentuk perasaan yang dirasakan oleh pekerja terhadap pekerjaannya. Tumbuhnya motivasi kerja pegawai salah satunya dipengaruhi oleh kepuasan kerja pegawai itu sendiri. Motivasi kerja yang tinggi akan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Sehingga pegawai tersebut akan mendapatkan rasa puas dalam bekerja serta selalu mengembangkan potensi yang dimilikinya.
Budaya organisasi akan memberikan pengaruh terhadap kinerja pegawai. Budaya organisasi yang kuat akan membantu organisasi dalam memberikan kepastian kepada seluruh pegawai untuk berkembang bersama, tumbuh, serta mendukung berkembangnya suatu organisasi itu sendiri.
Dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis, kepuasan kerja dan budanya organisasi sama-sama memberi pengaruh yang positif terhadap motivasi kerja pegawai.
Dalam jurnal ini penulis mengemukakan tentang bagaimana hubungan kepuasan kerja dan budaya organisasi dengan motivasi kerja pegawai negeri sipil, melalui penelitian yang dilalukan menggunakan survey terhadap para pegawai penunjang akademikdi lingkungan Politeknik Negeri Jakarta.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil yang diperoleh menunjukan bahwa kepuasan kerja memiliki hubungan yang kuat dengan motivasi kerja karyawan Politeknik Negeri jakarta. Dalam mengoptimalkan peran pegawai dalam mendukung tercapainya tujuan organisasi Politeknik Negeri jakarta peningkatan kepuasan kerja para karyawan perlu mendapatkan perhatian. Budaya organisasi memiliki hubungan yang kuat dengan motivasi kerja karyawan, maka dari itu psimpinan harus memperhatikan bagaimana menciptakan budaya organisasi yang baik sehingga kemudian berdampak pada peningkatan motivasi kerja karyawan. 
Kepuasaan kerja dan budaya organisasi secara bersama-sama memiliki hubungan yang kuat dengan motivasi kerja karyawan

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Hope - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -