Posted by : lani wijaya Jumat, 29 April 2016




 
Judul Buku : Aliran Politik dan ‘Aqidah Dalam Islam
Penulis : Prof. Dr. Imam Muhammad Abu Zahrah
Penerbit : Logos Publishing House
Pamulang Estate Blok E-5, No.10, Telp. (021) 7434778, 7407002.
Pamulang Timur, Ciputat-15418, Jakarta Selatan.
Jumlah Halaman : 283

Dalam Islam, aspek politik dan aqidah termasuk persoalan pelik yang banyak menguras energy para pemikir dan politikus Muslim semenjak Rasulullah wafat. Keduanya berkaitan erat dan saling berkorelasi, menjadi sebab dan sekaligus akibat dari lahirnya sebuah Mazhab atau aliran politik dan aqidah. Pergumulan di antara berbagai aliran, menampilkan aneka corak pemikiran yang memperkaya khazanah intelektual dalam Islam.
Buku ini berisi tentang Mazhab atau aliran yang berkembang di dalam Islam dengan gaya bahasa yang sederhana dan menghindari pembahasan yang pelik maupun rumit, sehingga masyarakat luas dapat memahaminya. Di dalam buku ini juga dijelaskan bahwa dalam islam terdapat banyak Mazhab dengan iklim dan orientasi yang berbeda-beda, antara lain sebagai berikut :
1. Mazhab –mazhab dalam aspek kenyakinan. Perbedaan pendapat yang terjadi dalam aspek ini tidak menyentuh Aqidah. Para ahli ilmu kalam (teolog Islam) berbeda pendapat tentang berbagai masalah, seperti masalah keterpaksaan dan kebebasan berkehendak (al-jabrwa al-ikhtiyar), sambil tetap menyakini keesaan Allah yang merupakan inti Aqidah Islam dan tidak ada seorang Muslim pun yang memperselisihkannya.
2. Mazhab – mazhab dalam aspek politik. Perbedaan pendapat dalam aspek ini terjadi sekitar maslah pemilihan khalifah.
3. Mazhab – mazhab dalam aspek fiqih, yaitu aturan – aturan tentang hubungan antar manusia serta antara hamba dan Tuhan dalam masalah ibadah yang disyari’atkan melalui Al-Qur’an, hadits Nabi dan sebagainya.
Masalah – masalah kontroversial yang terjadi dari masa kemasa yang terkenal di masanya juga dijelaskan oleh si Penulis kedalam buku ini, termasuk juga tentang persoalan – persoalan khilafiyyah yang  hanya berputar disekitar persoalan kebebasan dan keterpaksaan manusia, pelaku dosa besar dan hukumnya, serta apakah  Al-Qur’an makhluk atau bukan makhluk. Mazhab – mazhab itu kemudian terbagi menjadi Jabariyyah, Mu’tazilah, Murji’ah, Asy’ariah, Maturidiyyah dan Hanabilah. Di samping itu buku ini menjelaskan Mazhab atau aliran modern serta paratokoh penting yang beperan penting dalam menyebarkan kebenaran.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Hope - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -